Spesifikasi Kendaraan Taktis Maung Pindad Incaran Prabowo
Spesifikasi Kendaraan Taktis Maung Pindad Incaran Prabowo

Spesifikasi Kendaraan Taktis Maung Pindad Incaran Prabowo

Spesifikasi Kendaraan Taktis Maung Pindad Incaran Prabowo

Baru-baru ini, Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, secara langsung menguji ketangguhan kendaraan taktis 4×4 produksi Maung Pindad di Sirkuit Sentul, Bogor pada Minggu 12 Juli 2020 yang lalu.

Pengujian kendaraan yang diberi nama Maung tersebut merupakan keputusan menteri bersama Direktur Utama PT Pindad (Persero) setelah berdiskusi pankang pada Jumat, 10 Juli 2020 yang bertempat di Sesko TNI, Bandung.

Pada kesempatannya, Prabowo menguji kendaraan yang dipamerkan dengan ventilator buatan Pindad. Maung memiliki kecepatan standart 120km/jam dengan transmisi manual 6 speed. Selain itu, kendaraan ini mempunyai jarak tempuh 800 km. Di samping itu, mobil buatan Pindad ini juga dibekali dengan braket senjata 7,62 mm lengkap dengan konsol SS2-V4. Tak hanya itu, perangkat lain yang tersedia adalah perangkat GPS navigasi serta tracker kendaraan dan perangkat lain.

Saat ini, Pindad kenjiran pesanan dari Kementerian Pertahanan, termasuk 500 unit kendaraan Maung tersebut. Bahkan, kabarnya, total pesanan kendaraan yang harus diselesaikan sekitar 3.000 unit, yang tentu jumlahnya tidak sedikit.

Abraham Mose selaku Direktur Utama PT Pindad pada Selasa, 14 Juli lalu mengonfirmasi “Kalau total yang diinginkan Pak Prabowo itu sekitar 3.000 unit tapi untuk tahap pertama beliau memesan 500 unit dulu. Jika kondisi memungkinkan karena Pandemi, Maung akan diikutkan dalam defile Hari TNI 5 Oktober nanti.”

Kabarnya, kendaraan ini telah diuji beberapa kali, termasuk ujian liftbang internal, liftbang Pussenif, juga laboratorium Angkatan Darat, yang kemudian diberi nama Maung oleh Pak Prabowo.

“Inilah desain optimal yang kami hasilkan, sudah lulus uji litbang internal, litbang Pussenif, juga laboratorium Angkatan Darat. Dengan kemampuan seperti itu pula kendaraan ini dinamai Pak Prabowo Maung,” imbuh Abraham.

Terbaru  Aliansi Toyota-Suzuki Luncurkan Suzuki Swace Modifikasi dari Corolla Estate

Pada dasarnya, Pindad memproduksi Maung dengan desain taktis yang ringan untuk digunakan dalam pertempuran jarak dekat. Tidak hanya itu, Maung juga telah teruji sebagai kendaraan yang mampu bermanuver dengan cepat serta gesit dan lincah.

Tentunya, tujuan pembuatan kendaraan ini untuk memudahkan para prajurit bertindak baik saat menembak maupun menyerang lalu pergi.

Selain kendaraan Maung, Prabowo juga memesan kendaraan termasuk alat-alat berat. Diantaranya adalah traktor, bulldozer, kendaraan pengering padi, dan eskavator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *