FP2 MotoGP Andalusia: Nakagami Tercepat, Yamaha Semakin Melambat
FP2-MotoGP-Andalusia-Nakagami-Tercepat-Yamaha-Semakin-Melambat

FP2 MotoGP Andalusia: Nakagami Tercepat, Yamaha Semakin Melambat

FP2-MotoGP-Andalusia-Nakagami-Tercepat-Yamaha-Semakin-Melambat

Latihan balapan bebas atau Free Practice 2 MotoGP Andalusia baru saja digelar di tempat yang sama, Sirkuit Jerez pada hari Jumat, 24 Juli 2020 kemarin. Sebelumnya, duo Monster Yamaha meraih posisi pertama dan kedua, namun, kali ini harus tertinggal jauh.

Kejutan datang dari pebalap asal Jepang, Takaaki Nakagami yang tampil memukau dengan LCR Honda dengan catatan waktu terbatuk yakni 1 menit 37,715 detik. Sedangkan Johann Zarco hanya terpaut 0,155 detik yang menjadikan pebalap perwakilan Ducati itu berada di posisi kedua.

Awalnya, Pol Espargaro yang memimpin latihan bebas pada sisa 20 menit. Namun, kini ia terlemper di posisi ketiga setelah insiden crash yang menimpanya pada tikungan kedua. Meski sempat terhalau, Espargaro masih bisa mengungguli Maverick Vinales, Fabio Quartararo, dan Valentino Rossi yang diharap-harapkan menjadi yang tercepat pada sesi latihan kali ini.

Vinales dan Quartararo menjadi pebalap pertama yang menjajal sirkuit, lalu disusul Espargaro . Ketiganya harus terjun dalam pertandingan sengit demi mendapatkan partai atas. Namun, baik Vinales maupun Quartararo terlihat kesulitan sehingga mereka harus di posisi keenam dan kelima.

Sementara itu, Rossi yang berada di posisi kedua pada latihan pertama terlihat melambat. Pada FP2 MotoGP Andalusia, ia hanya bisa mencatat 1 menit 38,107 detik yang membuatnya berada di posisi kedelapan setelah Joan Mir. Kecepatan Valentino terlihat masih belum menunjukkan kekonsistenan.

Marc Marquez yang menjadi juara bertahan masih absen mengikuti latihan dalam rangka pemulihan lengan kanan atas yang baru dioperasi karena patah tulang. Namun, pihak Honda masih pada pernyataannya bahwa ia akan bergabung pada latihan selanjutnya, pada FP3 mendatang.

Persiapan MotoGP Spanyol Seri II tentu banyak membuat pebalap berharap cemas karena persaingan yang kini semakin terlihat. Dalam dua kali sesi latihan balapan bebas ini, sang juara bahkan belum menunjukkan penampilan maksimalnya seperti perlombaan sebelumnya. Tentunya, FP3 belum bisa diprediksi tentang pebalap yang akan memberi kejutan selanjutnya.

Terbaru  F1 GP Tuscan 2020: FIA Tetapkan 12 Pembalap Jadi Tersangka Kecelakaan Beruntun

5 Besar FP3 MotoGP Andalusia:

1-Takaaki Nakagami (LCR Honda IDEMITSU) 1’37.715
2-Johann Zarco (Hublot Reale Avintia) 1’37.870
3-Pol Esparago (Red Bull KTM Factory Racing) 1’37.889
4-Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) 1’38.010
5-Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) 1’38.107

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *