Marquez Alami 2 Kecelakaan Sekaligus Hingga Patah Tulang
Marquez Alami 2 Kecelakaan Sekaligus Hingga Patah Tulang

MotoGP Spanyol: Marquez Alami Crash Hingga Patah Tulang

Marquez Alami 2 Kecelakaan Sekaligus Hingga Patah Tulang

Pada seri pertama MotoGP Spanyol 2020 di Sirkuit Jerez kemarin, Marc Marquez mengalami kecelakaan yang mengakibatkan gagalnya menyelesaikan putaran. Kabarnya, kecelakaan tersebut berakibat fatal; cedera hingga patah tulang. Sang juara dunia tahun lalu ini bahkan mengalami dua kecelakaan sekaligus.

Kecelakaan pertama terjadi saat dia memimpin balapan. Saat itu, kecelakaan diakibatkan karena lowside, dimana dia terjatuh bersama dengan motor balapnya. Hal itu terjadi karena motor kehilangan grip kedua atau salah satu ban tanpa dibekali traksi kembali. Seringnya, lowside terjadi ketika pebalap kehilangan grip depan.

Keadaan ini harus membuatnya terseret keluar trek hiingga mencapai gravel. Namun, pebalap dunia tersebut masih bisa bertahan di atas motor dengan keseimbangannya sehingga ia tetap bisa melanjutkan kembali putarannya. Meski sempat terjatuh, Marquez tampil memukau saat mengejar posisi teratas melewati banyak pebalap lain.

Saat di posisi ketiga, Marquez kembali mengalami kecelakaan ketika membuntuti Maverick Vinales. Kali ini, kecelakaan keduanya membuatnya harus berhenti melanjutkan putaran yang masih tersisa empat lap.

Hal yang membuatnya terhenti adalah highside, ketika roda belakang meluncur ke sisi yang berlawanan saat berada di tikungan. Setelah mendapatkan grip, motor berikut pebalap akhirnya terpental.

Pebalap terpental dikarenakan sokbreker mengalami pantulan balik yang cukup keras saat ban mendapat grip. Seringnya, highside telah banyak membuat pebalap cedera parah dari patah tulang selangka hingga bagian kaki.

Kasus kecelakaan yang dialami Marc Marquez adalah patah tulang lengan atas, namun hal ini bukan disebabkan karena terbanting ke aspal. Melainkan, badannya yang tertabrak motor sendiri yang terseret setelah kecelakaan yang menjadi penyebab utama.

Sampai saat ini, belum ada teknologi yang dapat memprediksi maupun mengatasi lowside atau highside yang terjadi saat balapan. Sehingga, semua kendali dan beban harus dipikul pebalap itu sendiri.

Terbaru  MotoGP Prancis 2020: Petrucci Menangkan Balapan Basah Liar dari Marquez

Selanjutnya, Marquez dikabarkan telah menjalani operasi lengan kanan pada Selasa, 21 Juli 2020. Hingga saat ini, pihak Repsol Honda masih belum bisa memberi kepastian mengenai kapan Marquez akan pulih dan kembali ke dunia balapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *