Kemenperin Gelar Kompetisi untuk Dorong Industri Modifikasi Kendaraan
Kemenperin Gelar Kompetisi untuk Dorong Industri Modifikasi Kendaraan

Kemenperin Gelar Kompetisi untuk Dorong Industri Modifikasi Kendaraan

Kemenperin Gelar Kompetisi untuk Dorong Industri Modifikasi Kendaraan

Saat ini, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sedang giat mendukung pertumbuhan industri modifikasi kendaraan dalam negeri. Pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan nilai tambah serta inovasi agar memicu pertumbuhan pelaku usaha sektor berbasis sumber daya lokal seperti industri otomotif nasional.

Putu Juli Ardika yang merupakan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, telah membuat pernyataan tertulisnya pada Selasa (21/7/2020).

“Guna mewujudkan hal itu, kami menggandeng National Modificator & Aftermarket Association ( NMAA). Semoga langkah ini dapat memajukan industri modifikasi dan aftermarket di Indonesia hingga kancah global,”

Sebagai negara yang besar, Indonesia tentu memiliki potensi dan kemampuan yang cukup pada sektor industri modifikasi.

Putu Juli menambahkan bahwa Kemenperin dan NMAA bekerja sama dengan PT Solar Panel Indonesia (SPI) untuk mengadakan “Gelis Tuner Competition”. Gelis merupakan gerobak listrik yang dikenalkan oleh SPI.

Dalam kompetisi ini, peserta ditantang untuk membuat konsep modifikasi kendaraan roda tiga listrik untuk mendorong entrepreneurship di bidang otomotif dengan menampilkan kendaraan yang menarik.

Ketiga modifikator yang terpilih adalah Yoong Sugianto (Yoong Motor Group), Aldhy Rais (HSR Wheels), dan Marco Chendra (Raptor Indonesia).

Ketiganya menerima kendaraan roda tiga listrik seri DC motor 800W lengkap dengan uang tunia 15 juta rupiah sebagai modal untuk projek modifikasi kedepan. Hal ini dikutip dari direktor projek IMX, Andre, dalam jumpa pers virtualnya hari Jumat 17 Juli 2020.

“Kemarin kami sudah melakukan serah terima, menyerahkan tiga motor Gelis kepada ketiga modifikator dari Kemenperin”

Selanjutnya, ketiga karya modifkasi tersebut akan ditampilkan pada Modification Expo (IMX) 2020 – Hybrid Event pada 10 Oktober 2020 mendatang. Karya terbaik akan mendapatkan piala Menteri Perindustrian RI.

Terbaru  SoftBank dan Toyota Luncurkan Van Anti-Corona Bernama Monet

Andre Mulyadi, pendiri NMAA sekaligus direktor dari projek kompetisi mengapresiasi usaha Kemenperin dan SPI melalui kompetisi Gelis Tuner. “Kompetisi ini memunculkan karakter industri modifikasi Tanah Air yang selalu berkolaborasi, sebagaimana yang kami selalu gaungkan di setiap penyelenggaraan IMX,” ujarnya.

Pada acara peluncuran karya terbaik nanti, Kemenhub, Kemenperin, SPI, dan NMAA akan langsung menjadi dewan juri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *